Beri Penerangan dan Penyuluhan Hukum, Jaksa Kunjungi Siswa MAN 1 Rokan Hilir

andy, 31 Jul 2019,
Share w.App T.Me

ROKAN HILIR - Selain sebagai penegakan hukum,  Kejaksaan Negeri (Kejari)juga melakukan penerangan hukum untuk menjalankan fungsi preventif pencegahan terjadinya kejahatan. Kejaksaan Negeri Rokan Hilir (Kejari Rohil) memberikan penyuluhan hukum dalam program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN 1) Jalan Pelabuhan Baru, Kelurahan Bagan Barat, Kecamatan Bangko Bagansiapiapi, Senin (29/07/2019). Penyuluhan hukum program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) tersebut dilaksanakan di Aula Sekolah MAN 1 yang diikuti oleh Siswa-Siswi Kelas X dan kelas XII. Tampak hadir Kepala Sekolah MAN 1 Rokan Hilir Dra. Hj. Rahmawati MPD,i, para guru dan TU MAN 1 Rokan Hilir.  

Kasi Intel Farkhan Juneidi,SH dan Kasi Barang Bukti, Antonius Sahat Tua Haro,SH sebagai nara sumber dalam penyuluhan hukum terhadap siswa itu. Program ini digelar untuk mendapatkan pengetahuan ilmu hukum sejak dini sehingga memberikan kesadaran hukum bagi pelajar secara khusus dan masyarakat secara umum. Materi yang disampaikan kepada siswa tentang bahaya narkoba serta konsekuensi hukum yang bakal diterima bagi keterlibatan terhadap narkoba. 

Kemudian potensi pelanggaran terhadap undang undang informasi dan transaksi elektronik  (UU ITE)nomor 11 tahun 2008  serta undang-undang perlindungan anak. Para siswa dan Siswi bertubi-tubi saling bergantian untuk mengajukan pertanyaan kepada nara sumber karena keingintahuan tentang pengetahuan ilmu hukum dan undang-undang serta akibat pelanggarannya.

"Jaksa Masuk Sekolah merupakan salah satu program  rutin kita laksanakan guna memberikan pemahaman hukum sejak dini kepada para siswa dengan memberikan penyuluhan bahaya narkoba maupun UU ITE," kata Farkhan Junaedi,SH, Kasi Intel Kejari Rokan Hilir.

Kepala sekolah MAN 1, Drs Hj Rahmawati.MPD,i sangat menyambut baik kedatangan Kejaksaan Negeri Rokan Hilir ke sekolah untuk memberikan penerangan dan penyuluhan hukum tentang bahaya narkoba kepada siswa dan siswi. Karena dengan diberikan pengetahuan tersebut para siswa dan siswi akan mengetahui dan mengerti wawasan tentang hukum. Mereka tidak akan melakukan bulliying di medsos karena telah dipaparkan tentang UU ITE. Mereka juga telah paham undang-undang perlindungan anak serta konsekwensi jeratan hukum  terhadap penyalahgunaan narkoba.

“Dengan kegiatan ini, para siswa akan mengerti dan lebih memahami fungsi lembaga hukum. Apalagi Kejaksaan merupakan salah satu kompetensi dalam pelajaran PPKN,”tandasnya Hj Rahmawati.  (andy)  

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu