Warga Pertanyakan Kekurangan Volume Pembangunan TPT di Desa Sukajaya Cimerak Pangandaran

antonatong, 05 Oct 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

PANGANDARAN - pembangunan tembok penahan tanah (TPT) di RT 02 dusun Babakan jaya desa Sukajaya kecamatan Cimerak kabupaten Pangandaran, menuai pertanyaan dari beberapa warga sekitar.

" Pasalnya : anggaran yang tertera pada papan nama proyek tidak sesuai dengan volume pengerjaan yang dilaksanakan oleh team pelaksana kegiatan(TPK)."

Menurut beberapa warga sekitar, pembangunan dengan anggaran dari Dana Desa (DD) sebesar 50 juta tersebut, ternyata tidak sesuai dengan spesifikasi volume pekerjaan, karena yang tertulis di papan kegiatan itu sepanjang 50 meter, tapi bukti pekerjaan cuma 20 meteran.  

Masih kata warga yang tidak mau disebut namanya, disitu ada kejanggalan dalam pelaksanaan pembangunan tersebut, karena warga merasa tidak mungkin pembangunan TPT itu menghabiskan anggaran 54 juta rupiah.

"Karena biasanya di satu papan nama proyek disitu satu anggaran walau beberapa titik pekerjaan. " Terangnya.

Jikalau pun memang ada perubahan, di perencanaan awal tentunya itu harus ada persetujuan dari BPD, serta dibuat berita acaranya, dan terus dipublikasikan kepada masyarakat sebelum pelaksanaan kegiatan.

Jika melihat hasil pekerjaan, dengan panjang hanya 20 meteran, seperti yang yang ada, " terangnya, diperkirakan pembangunan tersebut hanya akan menghabiskan anggaran 20 juata rupiah.

Menurut Dede Wahyu staff desa bagian perencanaan kegiatan, ketika dihubungi wartawan mengatakan, pembangunan TPT ini memang ada efesiensi dan sisa anggarannya akan dilaksanakan lagi pada anggaran perubahan di bulan Oktober 2019.

Dede mengakui, memang pembangunan tersebut hanya menghabiskan 22 juta rupiah, serta menyisakan anggaran sekitar 32 juta rupiah, namun sisanya itu masuk pada efesiensi  anggaran untuk perubagan.

Jadi, kata Dede, yang sisanya masih ada pada rekening, mungkin nanti bisa diajukan lagi pada perubahan di bulan Oktober untuk kegiatan pembangunan lain, " jelasnya. (Anton AS)

 

 

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu